30 Januari 2015
Kegiatan Donor Darah Dalam Rangka Peringatan hari Ulang Tahun ke VIII
Diposting oleh : Oky Wijaya

Salah satu jenis kegiatan sosial yang dilakukan oleh RSUD I.A Moeis Samarinda adalah donor darah. Kegiatan yang satu ini bertujuan untuk memperkaya cadangan darah di PMI Samarinda agar mudah diperoleh saat seorang membutuhkannya.

Tujuan utama dari kegiatan donor darah ini adalah untuk memastikan persediaan darah terpenuhi, selain untuk bisa memenuhi cadangan darah di PMI ternyata kegiatan donor darah ini juga menguntungkan mereka para relawan yang menyumbangkan darahnya, berikut manfaat mendonorkan darah:

 

1. Menyehatkan jantung.

Dengan mendonorkan darah, sirkulasi darah akan menjadi lebih baik, jantung juga akan terlatih untuk terus memompa darah dengan lebih baik. Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi rentan terkena penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan didalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mendeteksi penyakit serius.

Setiap kali ingin mendonor darah, darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV/AIDS, sifilis, serta hepatitis A dan B. Dengan demikian jika memang terdeteksi terdapat penyakit tersebut, kita lebih bisa memperhatikan kondisi kesehatan.

3. Mendapatkan kesehatan psikologis.

Bisa menyumbangkan darah kepada yang membutuhkan akan menimbulkan kepuasan psikologis dan kepuasan tersendiri. Bayangkan, 1 kantong darah yang anda donor bisa menyelamatkan 3 nyawa sekaligus, betapa bangga dan senangnya jika bisa membantu sesama.

4. Produksi sel darah merah meningkat

Saat mendonor darah, jumlah sel darah merah akan berkurang, akan tetapi sumsum tulang belakang akan segera menggantikan sel darah merah yang hilang. Secara otomatis kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonor.

5. Menurunkan berat badan

Bagi yang ingin diet, donor darah adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan atau diet. Karena, dengan memberi sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira sebanyak 650.


Kegiatan donor darah ini kerja sama antara RSUD I.A Moeis Samarinda dengan PMI Samarinda.  Dengan menggunakan anggaran APBD RSUD I.A Moeis.  Kegiatan donor darah ini dilakukan di RSUD I.A Moeis tanggal 30 Januari 2015.