Senin, 28 September 2015 - 09:17:54 WIB
Pelayanan Khusus Pasien Thalasemia
Diposting oleh : Oky Wijaya
Kategori: Kesehatan - Dibaca: 8887 kali

Thalasemia merupakan kelainan genetik yang menyebabkan terganggunya produksi haemoglobin, sebuah protein yang ada di dalam sel darah merah. Penderita Thalasemia memiliki sel darah merah yang mudah rusak atau umurnya lebih pendek (23 hari) dibandingkan sel darah normal (120 hari), sehingga penderitanya akan mengalami anemia. Kecenderungan kasus Thalasemia pun terus meningkat. Berdasarakan data WHO, jumlah pembawa gen Thalasemia atau carrier pada tahun 2001 mencapai 7 % dari jumlah penduduk dunia.

Di  Indonesia termasuk dalam kelompok yang berisiko tinggi Thalasemia. Prevalensi Thalasemia bawaan di Indonesia sekitar 3-8%. Jika prosentase Thalasemia 5% saja, dengan angka kelahiran 23 per 1.000 dari populasi 240 juta maka diperkirakan terdapat 3.000 bayi penderita Thalasemia lahir setiap tahunnya.

Dengan adanya pelayanan dokter spesialis anak di RSUD I.A Moeis yaitu dr. Rafika Sp.A.  RSUD I.A Moeis berupaya memberikan pelayanan untuk pasien penderita thalasemia dengan tujuan pendekatan akses pelayanan karena selama ini pasien tersebut dirujuk ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Selama ini pasien-pasien dengan thalasemia di rawat di RSUD Abdul Wahab Sjahranie dengan waktu rawat inap kurang lebih 4 hari, hal tersebutlah yang menjadi kendala bagi pasien dan keluarganya.  Dengan di launchingnya ruangan perawatan pasien thalasemia maka waktu rawat di RSUD I.A Moeis Samarinda lebih singkat.  Hanya kendala belum adanya bank darah rumah sakit I.A Moeis sehingga pasien masih harus mengurus darah untuk transfusinya di PMI Samarinda.

Kedepannya RSUD I.A Moeis berencana mempunyai bank darah sendiri sehingga lebih mempermudah lagi pelayanan pasien thalsemia.


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)