Pelayanan Kefarmasian
08 Februari 2014 - Dibaca: 1855 kali

UNIT FARMASI
Pelayanan kefarmasian sebagai salah satu dari unsur pelayanan utama di Rumah Sakit, merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pelayanan di RS yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu.

RSUD Moeis Kota Samarinda memiliki sistem pelayanan farmasi yang terpadu. Apotik RSUD Moeis Samarinda melayani pelayanan farmasi dan obat-obatan selama 24 jam dan apotik depan yang juga melayani permintaan obat-obatan terutama untuk UGD. Gudang farmasi semuanya menggunakan satu sistem terpadu yang memberikan kelancaran baik pendistribusian dan penyediaan obat-obatan di seluruh unit pelayanan medis Rumah Sakit.

Pelayanan kefarmasian merupakan suatu instalasi pelayanan penunjang, hingga saat ini RSUD Moeis Samarinda sudah mempunyai 3 (tiga) orang tenaga apoteker tetap dan 9 orang tenaga asisten apoteker dengan dibantu beberapa karyawan lainnya dibidang kefarmasian dan administrasi.

Saat ini RSUD Kota Samarinda terutama unit instalasi Kefarmasian tidak hanya melayani resep dari dalam, tetapi juga menerima resep dari dokter luar. Ketersediaan obat memang kadangkala menjadi kendala dilapangan, tetapi berkat upaya yang terus menerus untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama obat dan alat kesehatan, saat ini seluruh obat-obatan bagi pasien ASKES dan Jamkesmas sudah dapat dilayani di Instalasi Kefarmasian RSUD Kota Samarinda.