Palang Merah Indonesia
14 Februari 2014 - Dibaca: 1791 kali

Palang Merah Indonesia
Tidak ada catatan pasti tentang kapan Palang Merah Indonesia Daerah Kalimantan Timur pertama kali berdiri. Dari cerita yang pernah didapatkan, kegiatan Palang Merah Indonesia di Kalimantan Timur telah ada sejak tahun 50-an. Namun yang pasti, ada 2 (dua) orang tokoh Palang Merah di Kalimantan Timur yang menjadi motorr saat itu hingga awal tahun 90-an, yaitu Bapak Rusli Jonathan (alm) dan Bapak H. Adji Johansjah (alm). Dari dokumen yang ada di Markas Daerah, sebelum tahun 1985, Ketua Pengurus Daerah PMI Kalimantan Timur dijabat oleh Bapak Rusli Jonathan. Beliau saat itu juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang PMI Kota Samarinda. Namun karena kesibukan beliau yang seorang pengusaha dan rangkap jabatan sebagai Ketua PD dan juga Ketua PC PMI Samarinda, maka kegiatan kepalangmerahan di level daerah tidak terlihat dan terkesan vakum. Melihat kondisi kevakuman dan rangkap kepemimpinan tersebut, maka pada tahun 1985 dibentuk Caretaker Pengurus Daerah PMI Kalimantan Timur. Pembentukan ini berdasarkan surat penunjukan dari Sekwilda Prov. Kaltim, nomor 468/14477/Binsostal/84, tangga; 12 Desember 1984. Selanjutnya, Caretaker Pengurus Daerah yang diketuai oleh drg. Suhaimi membentuk Panitia Pelaksana Musda II PMI Kalimantan Timur. Saat itu yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksana adalah H. M. Kadrie Oening (kelak menjadi Walikota Samarinda). Terpilih sebagai Ketua Pengurus Daerah PMI Kalimantan Timur masa bakti tahaun 1985 1989, Bapak H. Moenadi Arief, yang disahkan melalui Keputusan PP PMI No. 01/S.KP/PD/PP/PENG/85, tanggal 10 Juni 1985. Sejak saat itu, jalannya kepengurusan PMI Daerah Kalimantan Timur mulai tertib dan dapat menjalankan fungsinya sebagai koordinator, pembina dan pengawas penyelenggaraan organisasi kepalangmerahan di Kalimantan Timur.

Susunan Pengurus PMI Daerah Kalimantan Timur Masa Bhakti 2006-2011 Ketua : Ir. H. Nusyirwan Ismail, M.Si Wakil Ketua: dr. H. Ridwan Masrun Wakil Ketua : H. M. SJah Djafar Sekretaris : drs. S. Syarief Sukmawira Wakil Sekretaris : H. Edi Sukamto, S.Kp, M.Kp Bendahara : H. Nanang Sulaiman, SE Anggota : H. Aminuddin, B.Sc, Drs. Sayid Irwan, Ir. Fuad Assadin, M.Si, Hj. E. Widyani Saraddin, SKM, M.Qin, Drs. Rusdi Burhan, M.Si.

Saat ini PMI Daerah Kalimantan Timur memiliki 12 PMI Cabang, yaitu Kota Samarinda, Kab. Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kab. Paser, Kota Bontang, Kab. Kutai Timur, Kab. Berau, Kab. Bulungan, Kota Tarakan, Kab. Nunukan, Kab. Malinau dan Kab. Kutai Barat. 1 PMI Cabang persiapan yaitu di Kab. Penajam Paser Utara. 10 Unit Transfusi Darah Cabang, yaitu Kota Samarinda, Kab. Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kab. Paser, Kota Bontang, Kab. Kutai Timur, Kab. Berau, Kab. Bulungan, Kota Tarakan, Kab. Nunukan. Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki PMI Daerah Kalimantan Timur beserta seluruh cabang-cabangnya terdiri dari 26 orang staf markas, 112 orang staf UTDC, 260 orang Tenaga Sukarela yang tediri dari berbagai keahlian seperti paramedis, psikolog, kesehatan lingkungan, komunikasi dan lain-lain, serta 402 anggota Korps Sukarela. Sedangkan untuk pembinaan remaja, PMI Daerah Kaltim memiliki sekitar 2502 anggota Palang Merah Remaja (PMR) yang tersebar di sekolah-sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kegiatan dan pelayanan yang saat ini dilaksanakan oleh PMI Daerah Kalimantan Timur diantaranya: (1) Penanggulangan Bencana yang terdiri dari penampungan darurat, evakuasi, dapur umum, distribusi bantuan, Pemulihan Hubungan Keluarga (Restoring Family Links/RFL), Medical Action Team (MAT). (2) Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari pelayanan ambulans, pelayanan kesehatan, pelatihan pertolongan pertama. (3) Pelayanan Unit Transfusi Darah (UTD) di 10 Unit Transfusi Darah Cabang, yaitu Kota Samarinda, Kab. Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kab. Paser, Kota Bontang, Kab. Kutai Timur, Kab. Berau, Kab. Bulungan, Kota Tarakan, Kab. Nunukan. (4) Program HIV/AIDS. (5) Program Air dan Sanitasi.

Markas Daerah PMI Kaltim Jl. Palang Merah No. 1, Komplek RSU, Samarinda Telp. 0541-736954, Fax. 0541-732085. (Sumber : www.pmi.or.id).