IGD PONEK
13 Juni 2019 - Dibaca: 168 kali

Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) adalah upaya pelayanan komprehensif di Rumah Sakit untuk menanggulangi kasus kegawatdaruratan obstetric dan neonatal yang kegiatannya disamping mampu melaksanakan seluruh Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Dasar (PONED) juga harus mampu memberikan transfuse darah dan bedah Caesar serta perawatan neonatal secara intensif, dimana kegiatan ini sangat penting dilaksanakan mengingat Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih yang tinggi.
Tujuan dari Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) adalah
  • Untuk menanggulangi kasus kegawatdaruratan obstetric dan neonatal sehingga dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).
  • Diharapkan dapat menurunkan derajat kesakitan dan meminimalkan jumlah kematian para ibu dan bayi di Indonesia. Hal ini terkait pula dengan fakta bahwa AKI dan AKB di Indonesia yang menempati urutan atas di ASEAN.
  • PONED dan PONEK diadakan juga bertujuan untuk menghindari rujukan yang lebih dari dua jam dan untuk memutuskan rantai rujukan itu sendiri.
Dengan kepedulian kami terhadap hal-hal diatas, maka RSUD I.A. Moeis Samarinda membuka pelayanan IGD PONEK untuk bisa melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan tersebut.